Peringatan hari Valentine

” Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya “. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.
Tidak ada di dunia ini kematian seseorang diperingati dengan begitu masal dan massif seperti halnya kematian Santo Valentine yang diyakini terjadi pada tanggal 14 February. Hari kematiannya kemudian diperingati sebagai hari Valentine, suatu hari dimana orang-orang menyatakan rasa cinta atau kasih sayang kepada orang-orang yang diinginkannya.
Di hari itu ada yang menyatakan perasaan kasih sayangnya kepada teman, guru, orang tua, kakak atau adik, dan yang paling banyak ditemui adalah mereka yang menyatakan cintanya kepada pasangan atau kekasihnya masing-masing. Di hari itu, para lelaki atau perempuan yang ingin menyatakan cintanya mengirimkan kartu atau hadiah kepada orang yang dituju dengan kalimat, “BE My Valentine”, jadilah Valentine Ku. Mungkin dalam benak banyak orang, kalimat ini sama artinya dengan ucapan, “Jadilah Kekasihku.” Benarkah demikian?
Jika memang begitu adanya, mengapa hari Valentine begitu mengundang kontroversial dan polemik. Bukan saja di negeri-negeri muslim, tapi juga di negeri-negeri bukan muslim. Bahkan sejumlah pemuka agama Kristen sendiri ada juga yang menyerukan umatnya agar tidak ikut-ikutan merayakan Valentine Day. Hal ini tentu tid ak datang dengan sendirinya. Ada sesuatu dibalik hari Valentine yang membuat banyak orang cemas dan mengaharapkan budaya ini tidak menjadi budaya di dunia.
Hari Valentine Di Indonesia
Tidak ada tanggal pasti kapan hari Valentine masuk ke Indonesia, bisa jadi sejak masuknya penjajah Portugis atau Belanda yang awalnya hanya dirayakan pada lingkup terbatas didalam benteng atau kompleks militer mereka, yang kemudian meluas lewat orang-orang pribumi yang bekerja pada mereka, atau lewat cara lainnya.
Pada umumnya Valentine di semarakkan oleh kaum muda-mudi baik di kota kecil maupun kota besar, mereka biasa memberi cendramata berupa coklat, Boneka atau yang lainnya. ini dianggap sebagai rasa kasih sayang oleh mereka.disamping itu ada juga sebagian muda-mudi yang melarang kegiatan ini seperti yang terjadi di daerah Sumedang mereka melakukan demo untuk menolak perayaan hari Valentine.
Pemuka Hindu India Larang Valentine
Pada hari sabtu 14 febuary 2004, sejumlah aktivis dan pemuka agama Hindu berkumpul di Bombay. Dengan lantang mereka menyerukan kepada saudara-saudaranya agar tidak ikut-ikutan merayakan hari Valentine yang dikatakan menganjurkan dekadensi moral dan merusak tradisi India. Sejumlah aktivis bahkan mengancam akan mencoreng muka siapa saja yang didapati ikut-ikutan merayakan acara hari Valentine. Apa yang diajarkan oleh Valentine Day itu sungguh-sungguh akan merusak tatanan nilai dan norma kehidupan bermasyarakat warga India.
Hari Valentine Di Malaysia
Kazi Mahmood, koresponden IslamOnline.net untuk Asia Tenggara menjelang perayaan hari Valentine, 14 February 2004, di Malaysia menulis sebuah laporan yang diberinya judul “Valentine’s Day Under Fire In Malaysia”Dalam artikel tersebut, Mahmood membuka dengan tulisan, “Menjelang hari Valentine, sejumlah pejabat pemerintah Malaysia yang didukung para pemuka Islam menghimbau agar warganya tidak ikut-ikutan merayakan hari Valentine yang dianggap hari kasih sayang.
Harrusani Zakaria, seorang ulama perbatasan Thailand menyatakan bahwa merayakan Valentine sama saja dengan tindakan terang-terangan menentang ajaran Islam, sebab perayaan itu sesungguhnya erat kaitannya dengan sejarah Roma kuno yang memperingati kematian seorang Pendeta.
Sikap Tegas Arab Saudi
Sikap yang sangat tegas diperlihatkan Arab Saudi. Di sana, umat Islam diharamkan untuk memperingati hari Valentine, karena perayaan itu bersumber dari kebudayaan kaum Kristen yang banyak mengandung kekufuran.”itu adalah hari raya penyembah berhala.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s