HADITS DIMATA ORIENTALIS DAN PEMBAHASAN OLEH PROF.AHMAD MUHAMMAD JAMAL

1.Goldziher seorang Yahudi melontarkan berbagai tuduhan dalam bukunya Aqidah wa syar’iyah fi Al-islam:
“Islam berkembang ditangan para pengikutnya melalui cara-cara yang tidak dikenal oleh Muhammad dimasa hidupnya .Adapun cara yang mereka tempuh itu ialah menyebarluaskan hadits bikinan ulama dan ahli-ahli fikih yang ingin menjadikan islam sebagai aama yang multi dimensi ,komprehensif,dan mencakup aspek kehidupan.Ajaran –ajaran Al-qur’an disempurnakan dan dijabarkan oleh hiimpunan hadits yang mutawatir,meskipub hadits-hadits ini tidak datang dari Nabi,namun dianggap sebagi asas islam.Banyak kalimat atau perkataan atau kata-kata mutiara yang diambil dari kitab perjanjian lama dan baru,khutbah para pendeta ,ajaran filsafat yunani ,kata –kata mutiara orang persi dan dari India yang semua itu mempunyai kedudukan yang sangat baik dalam syariat islam melalui jalan yang disebut hadits.Sesungguhnya Rasulullah sendiri merasa kebingungan untuk menetapkan hukum mengenai problema yang terjadi dilingkungan masyarakatnya,apakah hal itu boleh dilakukan atau tidak ,shingga Allah menurunkan wahyu yang menerangkan tentang dihapus atau tidaknya hukum tersebut.Sebenarnya hukum yang ditetapkan didalam Al-qur’an sedikit sekali jumlahnya ,dan tidak mungkin hukum-hukumnya meliputi semua aspek kehidupan.Misalnya :al-qur’an menyatakan bahwa perbuatan syirik adalah dosa terbesar yang pelakunya tidak akan diampuni oleh Allah ,syirik ini hanya terdapat dalam aqidah semata –mata tetapi kemudian hadits nabi memperluas ruang lingkup syirik ini,tidak hanya dalam bidang aqidah,melainkan mencakup seluruh bidang ibadah,juga masalah riya yang tidak ada sangkut pautnya dengan tauhid.Namun oleh Nabi dianggapnya sebagai perbuatan syirik.”
2.Schot dalam mashadir Al-Tasyri’ Al-islam :
“ Hadits-hadits itu sebenarnya hanyalah aturan –aturan yang dibikin-bikin untuk menegakan mazhab fikih.Maksudnya bahwa madzhab-madzhab fikih itu telah ada terlebih dahulu, baru kemudian mereka datangkan hadist-hadist untuk menguatkannya.”sebenarnya,” kata schot selanjutnya: “kitab-kitab hadits itu belum didapati manusia kecuali sesudah masa imam Syafi’i. ketika imam Syafi’I menganggap hadits ini sebagai salah satu pokok agama, maka para pemalsu hadits berebutan untuk membuat hadits-hadits palsu guna memperkuat mazhab mereka masing-masing dan untuk membatalkan mazhab yang bertentangan dengan mazhabnya “
3.Hamilton gibb dalam buniy Al-fikr Al-din fi Al-islam :
“Sesunguhnya bangunan pemikiran dalam islam sebagian besar mengacu pada pemikiran orang-orang jahiliyah tentang kepercayaan mereka terhadap perkara-perkara gaib,dan mengacu pada tatra kepercayaan mereka terhadap ruh-ruh halus.Saemua itu diambil oleh Muhammad ,lalu dirubahnya mana yang mungkin dapat dirubah dan yang tidak dapat dirubah dibiarkannya sebagaimana adanya .Setelah itu dipergunakanlah untuk menghiasi tata aturan agama islam srta untuk menegakan aqidah dan pemikiran keagamaan jika hal itu dipandang sesuai.Ketika muhammad hendak menyebarkan agamanya kepada bangsa-bangsa diluar bangsa arab ,maka dimasukanlah unsur-unsur tata aturan jahiliyah itu kedalam kandungan Al-qur’an sedangkan hadits-hadits Nabi merupakan kekuatan yang ampuh untuk menegakan agama islam pada kurun pertama ,padahal kebanyakan hadits itu diambil oleh Muhammad dari ajaran agama kristen dan budha ”
Mereka yang membaca hadits Nabi SAW ,bible,Injil,hukum persia dan india,akan dengan mudah mengetahui perbedaaannya.Memang ada juga prinsip ajaran islam yang tertera dalam Ql-qur’an dan Hadits yang sesuai dengan prinsip agama –agama samawi yang masih asli yaitu tentang tauhid dan akhlawul karimah .Namun perlu diketahui bahwa ajaran islam dalam al-qur’an dan hadits itu sangat kompleks ,mencakup segala macam kebutuhan dan kemaslahatan hidup manusia ,berlaku sepanjang masa ,untuk semua persada dan bagi seluruh anak mansia.sedangkan agama-agama lain tiddak mempunyai sifat abadi dan uiversal.
Adapun mengenai hadits ,kita mengetahui bahwa ada yang dinamakan sanad dan matan.Dari kedua hal tersebut kita dapat menelusuri keshahihan suatu hadits dengan ilmu yang dinamakan ilmu musholahul hadits.Dimana ilmu seperti ini tidak dimiliki oleh kaum{agama} lain.
Ahmad Husein Al-mahal dalam bukunya Limadza Al-islam mengatakan :
“Didlam memandang pelembagaan al-qur’an dan hadits Nabi SAW ,kaum oriebtalis menkiaskannya pada pelembagaan ajaran masehi.Hadits Nabi dipandang sebagai penafsir al-qur’an ,menerangkan rukun islam ,dan iman serta berfungsi sebagai penyempurna hukum-hukum islam .Dikiaskannya pelembagaan al-qur’an dan hadits pada pembuatan dan pelembagaan ajaran kristen yang mulai di fgarap –menurut yang paling sah-pada permulaan abad ke-4 masehi.Diketahui pula bahwa sebenarnya ajaran ini bukan dari Al-masih ,murid-murisnya,injl(yang asli),dan bukan puala dari paulus yang menciptakan ajaran-ajaran kristen yang terkenal dewasa ini . Ajaran yang dilembagakan itu dibuat oleh jemaat kristen pada awal abad ke-4 M.Yakni setelah agama kristen menjadi agama resmi Imperium Romawi.Pelembagaan ini dilakukan untuk mempersatukan unsur-unsur kepercayaan mereka dan untuk melontarkan keputusan dalam upaya menghadapi paham-paham atau aliran-aliran yang bertentangan dengan kepercayaan yang diakui oleh Gereja{dan Raja}.”
Kini kita lihat seorang orientalis perancis Henry Louis yang telah mengenal ilmu hadits dengan sangat cermat :
“Setela para sahabat muhammad tersebar ke berbagai negara penduduk setempat menerima hadits/menghafal hadits Nabi SAW dan tarikh dari para sahabat.Diantaranya para pencatat/penghafal ada yang sngaja membuat-but hadits dan cerita bohong.Oleh sbab itu ulama giat menadakan penelitian terhadap hadits dan tarikh yangberedar dimasyarakat untuk memisahkan mana yang sahih dan mana yang palsu.Merka menolak semua riwayat yang dipalsukan oleh para pemalsu yang akhirnya dapat dicapai pelembagaan kitab hadits yang terkenal dengan sebutan Al-kutub Al-sittah{shihah sittah} ” .

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s