Seorang Khalifah Yang Amanat

Hadhrat Muslih Mau’ud ra. adalah seorang pribadi yang amat menjaga harta benda jemaat. Beliau sangat amanat dalam pengelolaan uang jemaat, di bawah ini ada dua kisah mengenai hal tersebut yang semoga bisa membuat kita lebih berhati-hati dalam pengelolaan uang jemaat.
1. Laporan pengeluaran Jemaat dilakukan di kantor Sekretaris Pribadi Muslih Mau’ud dan diperiksa sendiri oleh beliau setiap harinya, untuk memastikan bahwa tak ada pembelanjaan yang berlebihan atau tak perlu yang dilakukan. Suatu kali ketika sedang memeriksa, beliau melihat biaya prangko dari sepucuk surat yang beliau telah tulis untuk putra beliau. Beliau segera mengirimkan kepada petugas yang bersangkutan dan menegurnya atas kesalahan itu dengan mengatakan bahwa itu adalah surat pribadi beliau dan mengapa itu dimasukkan dalam catatan pengeluaran Jama’at. Beliau memerintahkannya untuk menghapus pengeluaran itu dan dikeluarkan biayanya atas nama pribadi beliau.
2. Suatu kali beliau mengunjungi pertanian beliau di Sindh bersama dengan beberapa anggota keluarga beliau. Suatu malam ketika beliau pulang sesudah shalat maghrib, seorang pengawal pribadi memanggil seorang pelayan dengan mengatakan bahwa sepatu telah disemir dan boleh dibawa masuk. Pada waktu itu, Muslih Mahu’ud ra. sedang berjalan-jalan di halaman. Beliau segera bertanya, sepatu siapa itu? Salah seorang dari puteri beliau ra. yang berusia muda mengatakan, bahwa itu adalah sepatunya yang dia berikan untuk disemir. Mendengar hal ini, beliau marah kepadanya dan bersabda bahwa para pengawal ini adalah petugas Jama’at dan mendapatkan tunjangan mereka dari Jama’at. Putri beliau itu seharusnya tidak memberikan sepatunya untuk disemir olehnya. Dia tak punya hak untuk mempekerjakan seorang petugas Jama’at. (Diintisarikan dari Kenangan Mirza Mubarak Ahmad Sumber: Ahmadiyya Gazette, September 1994, hal. 14-19. Terjemah Mln. Muharim Awwaluddin)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s