Apa Kata Bible Tentang Neraka?

Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa, takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.” (Matius 10:28)

Salah satu topik dalam Bible yang paling membingungkan adalah kebenaran mengenai neraka. Kejelasan bahwa neraka itu ada atau tidak ada sekilas dalam ajaran Kristen cukup susah dijumpai, sebab seiring berkembangnya paham mengenai penebusan dosa menjadikan neraka itu seolah-olah hanya merupakan sebutan dan dongeng belaka. Faktor itulah yang menyebabkan dalam benak orang-orang awam muncul pertanyaan-pertanyaan bahwa apa dan dimana neraka itu? Apakah mereka yang berbuat keburukan akan langsung dijebloskan ke dalam neraka? Apakah neraka itu kekal? Apakah neraka hanya sebuah tempat persinggahan sebelum menuju surga? Sebelum itu perlu dipahami bahwa ada sebuah tempat akhir (ultimate destination) yang seharusnya kita berusaha keras untuk mencapainya sehingga neraka harus dihindari. Oleh sebab itu, dalam pembahasan ini sebelum fakta ini terungkap, penting bagi umat manusia untuk memahami lima (5) fakta penting tentang neraka, yaitu :
Fakta I : Ketika manusia mengalami mati, pasti disemayamkan dalam kuburan dan menunggu sampai hari kiamat nanti. Dalam ajaran Kristus hal ini ditamsilkan dengan tamsilan gandum dan lalang (tar), sehingga Yesus bersabda :
“……Hal Kerajaan Sorga itu seumpama orang yang menaburkan benih yang baik di ladangnya. Tetapi pada waktu semua orang tidur, datanglah musuhnya menaburkan benih lalang di antara gandum itu, lalu pergi. Ketika gandum itu tumbuh dan mulai berbulir, nampak jugalah lalang itu.” (Matius 13 : 24-26)
Dan ketika hamba-hamba tuan ladang itu bertanya apakah mereka harus mencabut lalang-lalang itu, tuan ladang itu menjawab :
“Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai. Pada waktu itu aku akan berkata kepada para penuai: Kumpulkanlah dahulu lalang itu dan ikatlah berberkas-berkas untuk dibakar, kemudian kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku.” (Matius 13 : 30)
Maksud dari perumpamaan atau tamsil ini adalah :
“Ia menjawab, kata-Nya: “Orang yang menaburkan benih baik ialah Anak Manusia, ladang ialah dunia. Benih yang baik itu anak-anak Kerajaan dan lalang anak-anak si jahat. Musuh yang menaburkan benih lalang ialah Iblis. Waktu menuai ialah akhir zaman dan para penuai itu malaikat. Maka seperti lalang itu dikumpulkan dan dibakar dalam api, demikian juga pada akhir zaman.” (Matius 13 : 37-40)
Jelaslah bahwa pada akhir zaman, mereka yang selamat dan yang tidak terselamatkan akan dihadapi sesuai dengan itu. Gandum yang baik akan dikumpulkan ke dalam lumbung (surga) dan lalang-lalang akan dicampakkan, “…… ke dalam dapur api, disanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.” (Matius 13 : 42)
Fakta II : Api neraka, yang mana merupakan kematian yang kedua, akan terjadi setelah hari kiamat pada saat akhir zaman dan yang tidak terselamatkan :
“…. mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang, inilah kematian yang kedua.” (Wahyu 21 : 8)
Dari pernyataan itu terdapat suatu fakta, sebab dalam klausa prima ‘jika ada kematian yang kedua, itu berarti bahwa ada kehidupan yang kedua’. Kebangkitan yang pertama akan ada untuk yang selamat. Mereka akan hidup 1000 tahun di surga. Setelah 1000 tahun, kota Tuhan akan turun dari surga dan datang ke bumi sebagai Yerussalem Baru menurut Bible.
“Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya, ….. Maka naiklah mereka ke seluruh dataran bumi, lalu mengepung perkemahan tentara orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu. Tetapi dari langit turunlah api menghanguskan mereka.” (Wahyu 20 : 7- 9)
Fakta ini juga membuktikan bahwa menurut ayat ini neraka tidak ada saat ini.
Fakta III : Lokasi neraka adalah di bumi (sebagaimana yang telah dijelaskan di dalam ayat-ayat sebelumnya) dan api neraka akan menghabiskan bumi ini.
“Sungai-sungai Edom akan berubah menjadi tér, tanahnya menjadi belerang, dan negerinya akan menjadi tér yang menyala-nyala.” (Yesaya 34 : 9)
Fakta IV : Api neraka akan membinasakan jiwa dan tubuh.
“Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.”(Matius 10 : 28)
Tidak ada referensi di dalam Bible yang menyatakan bahwa jiwa dan tubuh akan dibakar terpisah di neraka.
“…. Dan orang yang berbuat dosa, itu yang harus mati.” (Yehezkiel 18 : 4)
Fakta V : Neraka itu tidak kekal
Dua pilihan yang diberikan kepada umat manusia :
Pertama : “Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari roh, adalah roh.” (Yohanes 3 : 6)
Roh tidak akan binasa, tetapi memiliki kehidupan yang kekal.
Kedua : “Kebinasaan” di neraka atau memiliki kehidupan yang abadi.
“Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan laut pun tidak ada lagi.” (Wahyu 21 : 1)
Bumi dan neraka yang akan ada di bumi, akan berlalu.
“Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.”(Matius 10 : 28)
Pada akhirnya, pahamilah! Di dalam Bible bahwa aslinya neraka dipersiapkan untuk setan dan malaikat-malaikatnya (setan),
“Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.” (Matius 25 : 41)
Semua ini bukanlah karena kita berdosa sehingga kita akan dibakar di neraka, karena kita semua memang berdosa. Hanya mereka yang menolak untuk berpaling dari dosa yang akan merasakan neraka.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s